Rabu, 08 Juni 2011

Sony & Toshiba 'Kawinkan' Unit Bisnis LCD



Jakarta - Dua raksasa elektronik asal Jepang, Sony dan Toshiba, berencana menggabungkan unit bisnis LCD mereka. Spekulasi pun bermunculan, duet keduanya akan memperkuat produksi LCD untuk produk populer seperti iPhone dan iPad Apple.

Menurut laporan Wall Street Journal yang dikutip detikINET, Rabu (8/6/2011), keduanya akan menjual saham mereka ke pemerintah Jepang senilai USD 1,2 miliar. Diperkirakan, unit bisnis LCD gabungan ini bisa mengungguli Sharp sebagai pembuat panel LCD terbesar dari Jepang.

Usut punya usut, rupanya pemerintah Negeri Sakura tengah berupaya melindungi kepemimpinannya dalam produksi LCD untuk smartphones dan tablet. Gabungan unit bisnis LCD Sony dan Toshiba ini nantinya sebagian besar akan dimiliki oleh pemerintah.

Narasumber internal yang mengungkapkan informasi ini menyebutkan, Sony dan Toshiba saat ini tengah intens mendiskusikan upaya penyatuan unit LCD mereka.

Penggabungan ini tampaknya akan disambut dengan baik. Innovation Network Corporation of Japan (INCJ), perusahaan pendanaan yang berafiliasi dengan pemerintah, telah mengajukan keinginan berinvestasi jika Sony dan Toshiba setuju mengintegrasikan operasional bisnis LCD mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar