Rabu, 08 Juni 2011

Saatnya Indonesia Masuki Era Broadband Society & Economy


Suasana Acara (fw/inet)
Jakarta - Sejalan dengan rangkaian acara Indonesia International Communication Expo & Conference (ICC) 2011, digelar diskusi panel bertajuk 'Mobile Broadband for Indonesia's Socio Economic Developement'. Menkominfo Tifatul Sembiring tampil membuka acara tersebut.

ICC merupakan ekspansi dari pameran Indonesia Celullar Show (ICS) yang telah rutin digelar sejak tahun 2004. Tak seperti ICS sebelumnya, dalam ICC kali ini juga digelar diskusi panel.

"Kemenkominfo menyambut baik ICC 2011. Diharapkan acara ini memberi input signifikan atas kebijakan pemanfaatan teknologi di Indonesia ke depannya," ujar Tifatul Sembiring saat membuka acara tersebut, Rabu (8/7/2011) di Asembly Hall Jakarta Convention Center.

"Tahun 2012 adalah Indonesia tersambung, 2014 adalah Indonesia informatif, 2015 baru kita memasuki Indonesia broadband," lanjutnya.

Indonesia sendiri saat ini merupakan negara dengan pertumbuhan industri mobile yang cukup pesat. Dengan turunnya harga ponsel serta meningkatnya pengembang aplikasi, mobile broadband akan menjadi model yang dominan untuk pasar negara berkembang.

Dalam rangka meningkatkan pembangunan ekonomi dan sosial di Indonesia, pemanfaatan secara optimal mobile broadband menjadi hal yang penting. Dari segi ekonomi, mobile broadband disebutkan memiliki potensi untuk meningkatkan PDB Indonesia sebesar 1,57 persen di tahun 2015 nanti.

Diskusi ini dihadiri oleh Dirjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Muhammad Budi Setiawan, Asisten Deputi Urusan informasi dan publik bisnis Kementrian Negara Koperasi dan UKM Adi Trisno Juwono, Ketua ATSI Sarwoto Atmosutarno, serta VP ICT Practice Asia Pacific Frost and Sullivan Jayesh Easwaramony.

"Pengembangan ICS menjadi ICC adalah langkah konkrit dari Asosiasi Telekomunikasi dan Selular Indonesia (ATSI) dan Dyandra Promosindo dalam menyambut era konvergensi menuju sebuah pameran yang lebih komperehensif," ujar Sarwono Atmosutarno, Ketua Umum ATSI saat memberi sambutan.

Ia melanjutkan ICC merupakan salah satu bentuk dukungan para provider telekomunikasi untuk mewujudkan Indonesia agar siap memasuki era broadband society dan economy nanti, dimana broadband menjadi salah satu penggerak roda perekonomian nasional.

Dengan tema 'Borderless Word of Communication', ICC ingin menjadi pameran Information and Computer Technology (ICT) komperehensif dan terintegerasi karena menghubungkan konsep pameran retail (B2C) dan pameran corporate (B2B).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar